SMAN 1 Batam

Visitors

Kamis, 16 Juni 2016

Menu Makanan Untuk Mengatasi dan Mencegah Berbagai Penyakit Umum Dewasa


1.     Gangguan Prostat



    ·         Gangguan prostat dapat menyerang pria mulai usia 30 sampai usia lanjut di atas 50 tahun
    ·         Gangguan prostat yang tergolong ringan adalah : prostatis (peradangan / infeksi) prostat. Keduanya     secara empiris masih dapat disembuhkan, baik dengan pengobatan media maupun juga pengobatan     alternatif.
    ·         Sedangkan Kanker dini ( kanker yang masih terdapat dalam kapsul prostat) masih bisa                       disembuhkan dengan operasi pembuangan prostat untuk mencegah penyebaran lebih          lanjut. Gangguan prostat yang terberat ( dan mematikan !) adalah Kanker lanjut (kanker yang sudah     menyebar ke luar prostat, baik ke organ sekitar atau penyebaran jauh ). Selain dapat menimbulkan       stroke, lumpuh, atau sesak napas jika menyebar ke paru-paru atau otak, penyembuhannya sulit. 

Menu Makanan :
   1.      Puding Agar Buah
   2.      Serikaya Roti Gandum dan Kedelai
   3.      Cocktail Kelapa Muda, Stroberi, dan Jeruk Manis

2.     Gangguan Mag


·   Penyebab utama sakit maag ada dua, yakni bakteri helicobacter pylori (H. pylori) dan penggunaan obat anti inflamasi non steroid (OAINS), seperti ibuprofen atau aspirin dalam waktu yang cukup panjang. Bakteri H. pylori merupakan bakteri yang dapat mengiritasi dan menyebabkan munculnya luka pada lambung atau usus bagian atas.
·         merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak asing lagi di telinga. Kondisi ini terjadi berawal ketika radang terjadi pada dinding lambung bagian dalam. Radang lambung yang sering atau terus-menerus berlangsung membuat lapisan dinding lambung bagian dalam terkikis sehingga terbentuklah luka yang disebut tukak lambung. Rasa sakit seperti perih atau panas dari leher hingga bagian tengah perut, merupakan gejala umum dari sakit maag.
·         Komplikasi akibat sakit maag sebenarnya jarang terjadi dan diperkirakan hanya dialami dua dari seratus orang. Meski begitu, sakit maag berpeluang menyebabkan kondisi yang serius seperti:
Ø  Obstruksi lambung atau radang yang menghalangi laju makanan melalui sistem pencernaan.
Ø  Perforasi atau robeknya lapisan lambung di titik radang.
Ø  Pendarahan di titik radang.
Meski jarang memakan korban jiwa, namun komplikasi di atas dianggap sebagai keadaan darurat medis. Mereka yang paling berisiko terkena komplikasi sakit maag fatal adalah yang usianya sudah di atas 70 tahun.

Menu Makanan :
       1.      Bubur Oatmeal + Susu Kedelai Madu
       2.      Jus Mangga Manis dan Madu
       3.      Bubur Cokelat Cair

  
3.  Gangguan Gagal Ginjal



   ·         Gagal Ginjal merupakan istilah non-spesifik yang menggambarkan penurunan fungsi ginjal. Jika pada setiap tahap proses penyaringan ginjal diblokir baik karena kerusakan ginjal langsung (misalnya karena diabetes) atau oleh penyumbatan tidak langsung (seperti oleh batu ginjal), maka itu dapat menyebabkan gagal ginjal.
   ·         Ada dua jenis utama gagal ginjal, yaitu gagal ginjal akut dan kronik. Gagal ginjal akut (GGA) atau Acute Renal Failure (ARF) terjadi ketika ginjal tiba-tiba berhenti menyaring produk limbah dari darah. Sedangkan, Gagal ginjal kronik (GGK) atau Chronic Renal Failure (CRF) berkembang perlahan-lahan dan berangsur memberat dengan sedikit gejala pada tahap awal.

Menu Makanan :
       1.      Jus Melon Lemon
       2.      Roti Gandum Isi Selai-Buah
       3.      Tumis Taoge Asam Manis

4.  Gangguan Reumatik


   ·         Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. 
   ·         Rematik terdiri atas berbagai jenis dan bisa menjangkiti persendian mana pun pada tubuh. Terdapat lebih dari 100 jenis rematik dan berikut ini adalah beberapa jenis rematik yang paling umum terjadi.
Menu Makanan :
1. Bubur Kacang Merah
2. Kopi Kedelai + Susu Rendah Lemak
3. Jus Pepaya Madu

5. Gangguan Pencernaan


   ·         Ada banyak jenis gangguan pencernaan, dan lima contoh umum diantaranya adalah penyakit      refluks gastroesofagus, keracunan makanan, penyakit batu empedu, penyakit usus buntu, dan wasir. 
o   Refluks gastroesofagus,  (penyakit asam lambung) atau dikenal juga sebagai GERD merupakan kondisi yang terjadi ketika asam lambung naik ke atas kerongkongan akibat cincin otot esofagus tidak dapat menutup secara baik.
o   Keracunan makanan,  adalah kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami mual, nyeri perut, muntah, kehilangan nafsu makan, diare, demam, lemas, dan nyeri otot akibat mengonsumsi makanan yang terkontaminasi, misalnya oleh virus norovirus atau bakteri E. coli dan salmonella.
o   Penyakit batu empedu,  merupakan peradangan kantong empedu atau penyumbatan saluran empedu karena adanya batu yang berasal dari pengkristalan kolesterol. Batu tersebut terbentuk akibat ketidakseimbangan kimia di dalam kandung empedu.
o   Penyakit usus buntu,  adalah peradangan dan pembengkakan yang terjadi di dalam usus buntu, yaitu suatu organ berbentuk kantung dan seukuran jari, yang terhubung dengan usus besar.
o   Wasir,  merupakan pembengkakan pembuluh darah di sekitar atau di dalam anus. Penyebab pembengkakan ini belum diketahui secara pasti, namun erat kaitannya dengan tekanan yang meningkat pada pembuluh darah akibat:
§  Kurang mengonsumsi makanan berserat.
§  Sembelit berkepanjangan.
§  Mengejan berlebihan saat BAB (Buang Air Besar)

Menu Makanan :
       1.      Puding Pisang
       2.      Cake Labu Kuning
       3.      Sekoteng Rempah

6.  Gangguan Asam Urat           


    ·         Asam urat adalah sejenis kristal asam yang dihasilkan dari metabolisme inti sel sel di dalam tubuh. Asam ini merupakan hasil akhir (end product atau waste product) dari metabolisme purine protein salah satu komponen dari asam nukleat yang membentuk inti sel sel tubuh.
    ·          Sekitar 2/3 dari asam urat di dalam tubuh diproduksi dari metabolisme sel sel di dalam tubuh, dan 1/3 dari diet yang kita konsumsi. Sebagian besar (lebih kurang 70%) dari asam urat yang diproduksi di dalam tubuh ini kemudian di keluarkan lewat ginjal, hanya sebagian kecil lewat saluran pencernaan. Kadar asam urat dalam tubuh bisa diketahui dengan melakukan pemeriksaan darah. 

Menu Makanan :
       1.      Ayam Rica-rica
       2.      Tempe Cabai Hijau
       3.      Pepes Jamur Merang

Nah, itulah makanan-makanan yang berguna sebagai pencegah sekaligus pengobatan untuk berbagai macam gangguan. Menu-menu makanan di atas beberapa mungkin sudah kita kenal bahkan mengonsumsinya dan menu-menu di atas telah di uji coba dan terbukti praktis serta pastinya lezat.
Ingin tahu resep-resep setiap menu-menu makanan di atas? Coming Soon ya. 

Selamat berpuasa!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar