SMAN 1 Batam

Visitors

Senin, 22 Februari 2016

Sekilas Sekolahku, SMAN 1 BATAM




                                                                             Logo SMANSA Batam
MOS 2015-2016


   Hai, kali ini sebagai awalan post admin sebenarnya bingung mau nge-post apaan, tapi akhirnya dapat ide untuk bahas tentang sekolah admin (Ya….sekali-kali lah). Admin baru masuk tahun ini nih jadi masih bisa dibilang siswa barulah.
   SMA Negeri (SMAN) 1 Batam (SMANSA Batam), merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Sama dengan SMA pada umumnya di Indonesia masa pendidikan sekolah di SMAN 1 Batam ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari Kelas X sampai Kelas XII.
Sejak tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan; sebelumnya dengan KBK, dan mengikuti satuan kurikulum, SMANSA Batam saat ini menggunakan Kurikulum 2013 (K.13).

Akreditasi
Nilai Akreditasi: 93.28
Peringkat Akreditasi: A
Tanggal Penetapan: 09-03-2007
  Nah, ada beberapa organisasi dan ekstrakulikuler yang cukup banyak di SMANSA Batam, antara lain:

Organisasi

1.      OSIS (Organisasi Intra Sekolah), sama seperti sekolah pada umumnya, OSIS bertugas membantu, menjalankan, ataupun merancang acara yang akan diadakan.

2.      ROHIS (Rohani Islam)/ROMANSA Batam (ROHIS SMANSA Batam), organisasi yang bergerak di bidang kerohanian islami.


3.      ROHKRIS (Rohani Kristen), organisasi yang bergerak di kerohanian kristiani.

4.      PIKKRR (Pusat Informasi & Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja), hmm… jangan pikir macem-macem dulu. Organisasi ini cukup bagus lho. PIKKRR itu organisasi di bawah pengawasan OSIS.

Ekstrakurikuler

1.      Pramuka, ekstrakulikuler yang cukup mendunia. Dengan Dasa Darmanya dan Tri Satya yang mencakup visi dan misi pramuka. Kemping, api unggun, dan permainannya adalah salah satu hal yang tidak asing lagi dari pramuka.

2.      PMR (Palang Merah Remaja), ekskul tentang P3K, dan yang berbau kesehatan lainnya. PMR ini adalah salah satu ekskul yang cukup berjasa, kenapa berjasa? Ya iyalah… kalau upacara pasti selalu nungguin di belakang.

3.      Debat Bahasa Indonesia, ini nih ekskul terpanas dan terpedas. Kalau latihan pasti selalu rebut, ya iyalah..kalau gak rebut bukan debat namanya. Namun, debat di sini adalah debat yang bermutu dan sehat, contoh mosinya (tema) tidak jarang yang mengambil dunia politik.

4.      Debate, nah..ekskul yang satu ini juga sama kayak debat, tapi bedanya menggunakan bahasa inggris. Mosinya pun juga tidak jauh beda. Perlu diingat, walau mosinya bebas, namun tidak boleh bersifat SARA, begitupun dengan debat.

5.      UUD 1945, ekskul ini lebih mirip adu cara pandang melalui topic yang dipilih dan pastinya tak jarang bertema politik. Anggota di ekskul ini juga pastinya harus mengetahui poin-poin penting serta menghafal keseluruhan 37 pasalnya.


6.      ROBOCOS, adalah ekskul yang bergerak di bidang robotic. Di SMANSA tidak hanya anak IPA/MIA yang boleh ikutan, namun anak IPS/IIS pun punya kesempatan yang sama. Tapi tantangannya harus melalui seleksi yang cukup ketat.

7.      Pom-Pom Boys, wah…terdengar asing ya? Sama, pertama kali denger namanya juga cukup asing, namun ternyata Pom-Pom Boys ini ekskul yang ciamik (wow) teman. Jadi Pom-Pom Boys ini adalah ekskul berbasis dance namun dengan gaya yang khas feminim dan ditambah sedikit aktraksi-aktraksi, kenapa khas? Karena yang boleh menjadi membernya hanyalah laki-laki. Walau begitu, pom-pom boys ini berisi cowok-cowok tulen kok. Mereka hanya ingin menghibur, dan tidak jarang mereka di undang tampil.


8.      FlowPow (Flower Power), ini ekskul Cheerleader, isinya cewek-cewek cantik yang bergerak aktif dan sporty. Namanya bukan cheerleader kalau tidak ditambahkan aktraksi-aktraksi yang membuatnya memukau, begitu juga flowpow. Sama seperti Pom-pom Boys, cheerleader juga sering tampil.

9.      English Club, ini ekskul yang akan dibentuk. English Club cukup berbeda dengan Debate, jika debate lebih mengarahkan adu argumentasi, sedangkan English Club ini cukup bebas, dan biasanya sharing tentang kosakata ataupun grammar yang ingin dipelajari bersama.


10.  SAMABU (SMANSA Manga Club), ekstrakulikuler yang bergerak di bidang Manga (komik Jepang) dan terkadang bersama membuat cerita untuk di kompetisikan. Komik-komik dari SAMABU biasanya tertempel di mading ROHIS.

11.  Paskibra, ekskul ini pastinya identik sekali dengan PBB, kedisiplinan, latihan fisik, dsb. Untuk yang tinggi dan ideal disaranin masuk sini nih.


12.  Basket, hmm…ini ekskul yang betah di sekolah, terkadang mereka pulang paling terakhir karena latihan ataupun sparing dengan sekolah lain. Tetapi gak papa, kerja keras itu membuahkan hasil.

13.  Futsal, ekskul futsal ini cukup diminati. Saat ini sedang membuat suatu league antar kelas.


14.  Volley, permainan bola besar yang menggunakan tangan ini termasuk ekskul baru di SMANSA BATAM.

15.  Badminton, ekskul yang menggunakan raket serta shuttlecock ini juga baru dibentuk. 

16.  Tari Saman, seperti namanya, ekskul ini menarikan Tari Saman yang berasal dari Aceh. Mereka juga sering tampil dan berlomba. Gerakan tangan mereka sangat lincah dan kompak.

17.  Tilawatih, ini ekskul yang diadakan setiap hari jumat tepatnya sesudah sholat jumat. Bagi yang suaranya fals ataupun berat, jangan khawatir dan jangan minder karena bakal dilatih beberapa tekhnik dan cengkok. “Asal ada kemauan dan usaha, kita pasti bisa”, gitu katanya Ustadz pelatihnya. Ekskul ini di bawah payungan ROHIS.

18.  Hadroh, kalau bahasa kasarnya sih”Band” namun versi islam. Ada vokalnya juga, dilengkapi rebana, tetabuhan, gendang, dll. Hadroh membawakan lagu islami dan religi. Ekskul ini baru saja dibentuk dan di bawah ROHIS juga.

19.  S.U.D (SMANSA United Dance), adalah ekskul dance yang cukup keren nih. Penampilannya cukup memukau dan tidak jarang untuk tampil maupun berlomba.
   Nah, itulah beberapa organisasi dan ekskul yang ada di SMANSA Batam. Admin mengikuti organisasi seperti ROHIS dan beberapa macam ekstrakulikuler seperti Debat Bahasa Indonesia, Manga, English Club, dan Tilawatih (katanya sih semua itu cukup banyak…). Banyak paradigma (sok-sok bahasa politik, paradigma=pandangan) orang yang mengatakan terlalu banyak mengikuti kegiatan (organisasi dan ekskul) membuat nilai akademis jelek.
    Ternyata itu sama sekali gak bener dan admin sudah merasakan buktinya. Semua itu kembali kepada kita apakah kita mengikuti kegiatan itu dengan sungguh untuk mendapatkan pengalaman baru dsb atau hanya ingin ikut-ikutan atau bergaya agar dibilang “Wakten” (orang populer) semata. Pastinya juga mempertimbangkan apakah mampu atau tidaknya kita mengikuti. Kalau tidak nanti seperti admin yang terkena seleksi alam. Apa sih seleksi alam? Kok bicara ipa?
  Seleksi alam disini bukan yang ada di pelajaran ipa itu ya, namun maksudnya karena terlalu banyak kegiatan dan akhirnya terseleksi secara otomatis karena ketidaksanggupan kita. Contohnya waktu itu admin sempat ikut ekskul Paskib dan belum ada genap 2 bulan udah keluar duluan, karena disebabkan tidak adanya keseimbangan manajemen waktu dari admin. Soal manajemen waktu, kita harus bisa mengatur sedemikian rupa agar tidak merugi karena sangat penting.
  Ok, demikian Danu’s Blog kali ini. Maaf atas keterlambatan nge-post, karena akhir-akhir ini cukup disibukkan oleh Kurikulum 2013 (KURTILAS) haha…. alias PR, persentase dkk. Maaf kalau ada butir-butir nasehat yang sebenarnya gk penting (ehem..).

 Tunggu post selanjutnya….

Don’t forget Like and Comment.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar