SMAN 1 Batam

Visitors

Senin, 07 Maret 2016

Projektor Mini dari Kardus Bekas

   Beberapa waktu lalu, admin diberi tugas di Mapel Bahasa Indonesia untuk membuat barang menggunakan bahan bekas. Nah, kelompok admin sepakat deh untuk membuat projektor mini. Mau tau gimana caranya? Ya udah simak aja.

 Alat dan Bahan

   Bahan Utama :
•Kotak sepatu bekas atau kotak sejenis
•Kaca pembesar bekas
    Bahan pendukung :
•Kertas hitam
•Penggaris
•Gunting dan cutter
•Lem Fox atau lem kuat lainnya
•Botol coca cola bekas atau sejenisnya
•Pensil

Langkah-langkah

1.Pertama, siapkan semua alat dan bahan.



2. Kedua, salin bentuk lingkaran kaca pembesar.

      Salinlah bentuk lingkaran kaca pembesar pada salah satu sisi (lebar) kardus. Bentuk lingkaran harus sama persis dengan bentuk kaca pembesar, karena akan menjadi gambaran untuk dipotong nantinya.


3. Ketiga, lalu lubangi hati-hati dengan cutter.
      Lubangi bentuk lingkaran yang sudah digambar tadi dengan hati-hati, karena jika lubang terlalu besar kaca pembesar akan longgar dan tidak merekat sempurna, demikian pula sebaliknya jadi harus pas. 


4. Keempat, lapisi pinggiran kaca pembesar dengan double tip.
    Kemudian, lapisi pinggiran kaca pembesar dengan double tip. Ini dilakukan agar kaca pembesar bisa menyesuaikan bentuk di dalam lingkaran yang sudah dilubangi tadi dan kaca pembesar merekat dengan sempurna.



5. Kelima, rekatkan dan tusuk berulang pinggiran kaca
     pembesar.
    Selanjutnya, rekatkan dan tusuk berulang pinggiran kaca  pembesar menggunakan pensil agar pinggirannya terlihat rapi. Tusuk dengan pelan namun pasti.

6. Keenam, lapisi bagian dalam kardus dengan kertas hitam.
     Lapisilah setiap sisi bagian dalam kardus dengan kertas hitam, lalu oleskan dengan lem fox agar dapat menempel. Pelapisan kertas hitam di lakukan karena sifat warna hitam yang menarik cahaya (hukum relativitas cahaya), sehingga cahaya pada saat proses pemakaian nantinya terlihat dengan jelas.










                     7. Ketujuh, potong botol coca cola menjadi penyangga.
            Potonglah botol coca cola sampai ukurannya sedikit lebih rendah dari ukuran                      kardus sehingga bisa digunakan menjadi penyangga Hand phone (Hp).



8. Kedelapan, pasang bagian botol coca cola sebagai penyangga.
    Pasang bagian botol yang sudah di bentuk tadi di bagian dalam kotak. Ini berfungsi sebagai penyangga Hp agar tidak jatuh atau kabur saat proses penggunaan.



9. Kesembilan, hiasi bagian luar kotak.
     Terakhir, hiaslah bagian luar kotak menggunakan kertas kado bekas, atau sisa sampul merek berbagai botol bekas. Tambahkan pernak-pernik dan bermacam aksesori untuk mempercantik kotak tersebut.



10. Kesepuluh, projektor siap digunakan.
      Akhirnya projektor karya sendiri pun siap digunakan. Cara penggunaannya dengan meletakkan Hp yang akan digunakan ke dalam kotak dengan posisi terbalik, karena kaca pembesar bersifat maya, terbalik, dan di perbesar, lalu tembakkan ke arah dinding  yang datar. Pastikan juga di gunakan di dalam ruangan yang benar-benar gelap, ini sangat mendukung kejelasan gambar. Atur juga kecerahan (brightness) Hp pada level yang paling terang dan atur jarak Hp yang di dalam kotak hingga mendapatkan titik fokus yang paling jelas, karena setiap ukuran layar Hp memiliki jarak fokus yang berbeda.
Sekian dan Terima kasih

                Selamat Mencoba!!!


Jangan lupa like dan sharenya!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar